Rabu, 12 Agustus 2009

PERBANDINGAN TERHADAP FASILITAS INTERFACE

VB.6 & DELPHI.7

a. Visual Basic 6.0

Visual basic 6.0 merupakan salah satu program yang banyak dipakai oleh programmer dalam membuat program aplikasi , hal ini karna tersedia berbagai fasilitas yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung terciptanya program aplikasi.

a. Menu bar

Pada vb.6 ini terdiri dari beberapa pilihan yang brfungsi untuk melakukan tugas dan kegiatan tertentu ,menu bar tersebut terdiri dari : File,edit,view,project,format,debug,run,query,diagram,tools,add-ins,window dan help.

b. Control menu

Merupakan salah satu bagian dalam baris judul (title bar) yang digunakan untuk memanipulasi jendela visual basic . control menu ini berada dipojok kiri atas dari jendela vb.6.

c. Jendela Properties

Properties digunakan untuk menentukan setting suatu object. Suatu object yang biasanya mempunyai beberapa properties yang dapat diatur langsung dari jendela properties atau lewat jendela program.

d. Project Explorer

Project Explorer adalah sekumpulan modul (aplikasi itu sendiri) yang disimpan dalam bentuk file yang berekstensi “VBP”. File ini menyimpan seluruh komponen program.

e. Jendela Form

Form adalah suatu object dipakai sebagai tempat bekerja program aplikasi, didalamnya terdapat garis titik-titik yang disebut grid yang mampu pemakai dalam pengaturan tata letak object dalam form.

f. Jendela Code

Bila jendela Code tidak muncul klik tombol View Code ( ) pada bagian Project Explorer atau klik menu View > Code.

g. Menu Bar

Menu Bar adalah kumpulan dari semua perintah Visual Basic yang dapat dipilih untuk melakukan tugas tertentu.

h. Toolbar

Toolbar adalah tombol-tombol yang mewakili suatu perintah tertentu dari Visual Basic.

KEISTIMEWAAN VISUAL BASIC 6.0

Sejak dikembangkan pada tahun 80-an, Visual Basic ini telah mencapai versinya yang ke-6. beberapa keistimewaan umum Visual Basic 6.0 ini diantaranya seperti :

  1. Menggunakan platform untuk pembuatan program yang diberi nama Developer Studio, yang memiliki tampilan dan sarana yang sama dengan Visual J++. Dengan begitu kita dapat berintegrasi atau belajar bahasa pemrograman lainnya dengan mudah dan cepat tampa harus belajar dari nol lagi.
  1. Memiliki compiler yang dapat menghasilkan file exe ke table yang lebih cepat dan lebih efisien dari pada sebelumnya
  1. Memiliki tambahan secara wizard yang baru. Wizard adalah sarana yang mempermudah dalam pembuatan aplikasi dengan mengoptimalkan tugas-tugas tertentu.Tambahan control-kontrol baru yang lebih canggih serta meningkatkan kaidah struktur bahasa Visual Basic.
  1. Kemampuan membuat Active X dan fasilitas internet yang lebih banyak
  1. Sarana akses data yang lebih cepat dan handal untuk membuat aplikasi database yang berkemampuan tinggi.
  1. Visual Basic 6.0 memiliki beberapa versi atau edisi yang disesuaikan dengan kebutuhan.

B. Delphi 7

Borland delphi atau lebih sering disebut dengan delphi merupakan salah satu produk borland yang terkenal,kemampuannya untuk membuat aplikasi – aplikasi ,baik aplikasi database maupun non-database sudah tidak perlu diragukan lagi , dan didukung dengan fasilitas yang cukup lengkap .

a. IDE

Ini sangat berguna sekali keberadaannya,karna fasilitas ini menyediakan semua kebutuhan pemrograman dalam satu tampilan .

Perubahan dan pengembangan yang dilakukan pada IDE delphi antara lain Compiller messages,component palette,code insight ,debugger,serta bermacam – macam perbaikan lainnya.

b. WEB

Dukungan delphi.7 pada aplikasi web semakin kompleks dengan adanya Intraweb dari Atozed software.

c. COM

Delphi menyediakan fasilitas wizard untuk memudahkan anda dalam pembuatan aplikasi berbasis COM dari microsoft.komponen COM seperti halnya komponen pada activeX,COM+ maupun servers dan hanya dapat digunakan pada sistem operasi windows saja .

d. Komponen

Untuk delphi edisi professional serta enterprise memiliki dukungan terhadap theme windows XP ,jadi ketika anda menggunakan windows XP,secara otomatis aplikasi yang anda buat akan menggunakan kontrol pada windows XP.

Delphi juga menambahkan beberapa komponen baru pada tab-tab seperti tab dbexpress,tab dialogs,tab additional,serta tab sistem.

e. Rave report

Ini dapat digunakan untuk membuat raport (laporan) dari aplikasi yang anda buat.

f. Sistem menu

Sistem menu pada delphi.7 juga tidak luput dari sentuhan baru dan pengembangan .hal ini dapat dilihat dari banyaknya perubahan serta penambahan yang dilakukan pada sistem menu

Sebagai contoh : menu – menu di delphi.7 memiliki menu yang unik dan agak berbeda dari VB.6.

Menu componen pelette pada delphi.7 ini juga semakin lengkap dan semuanya dapat diatur sesuai dg yang anda inginkan.

g. Compiller

Kompiler delphi.7 mendukung penambahan tiga peringatan kompilasi ,yaitu :

Unsafe_type,Unsafe_code,dan Unsafe_cast..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar